Anies-Sandi Siap Gaet 1,6 Juta Golput

Anies-Sandi Siap Gaet 1,6 Juta Golput - Pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno menargetkan untuk menggaet suara pemilih golput yang mencapai sekitar 1,6 juta atau 23 persen dari total pemilih.

"Sejauh ini yang kami lihat mereka itu terdistribusi secara random, bukan kelompok-kelompok tertentu. Karena itulah kampanye kita ke depan adalah lebih banyak mengajak semua orang untuk lebih aktif memilih," ujar Anies di Posko Pemenangan di Jalan Cicurug, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (24/2).



Menurut dia, peluang untuk meraup suara golput masih terbuka lebar. Anies menilai dari 23 persen presentase pemilih golput, potensi distribusi suara akan imbang ke masing-masing paslon.
"Tapi, kalau mereka yang 23 persen itu terkumpul, misalnya terkumpul di komunitas yang hampir 100 persen memilih Pak Basuki, ya kalau mereka ikut ya pasti nambah angkanya Pak Basuki dan sebaliknya," ujarnya.

Anies menyebut upaya akan yang dilakukan akan lebih besar dibandingkan putaran pertama. Termasuk berupaya untuk menarik pemilih yang tidak memilih karena terkendala masalah profesi seperti perawat, dokter, operator kendaraan umum, serta petugas di lokasi pencoblosan.
"Kalau yang ini effortnya dua kali. Catatan yang kedua, mereka yang terkendala partisipasi karena profesi karena bertugas jadi tidak mencoblos," tuturnya.

Berdasarkan riset dari Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) pada (18/2), jumlah pemilih yang tidak hadir dan tidak menentukan pilihan alias golput mencapai 1.668.902 pemilih. Pemilih golput terbanyak yaitu di Kecamatan Johar Baru (35 persen), Kecamatan Kebayoran Baru (30 persen), dan Kecamatan Setia Budi, Kecamatan Sawah Besar, Kecamatan Menteng masing-masing sebesar 28 persen. (Anies Sandi)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »